7 Tips Traveling dengan Kereta Api yang Wajib Kamu Ketahui

Traveling tentunya adalah hal yang ditunggu-tunggu oleh kita semua untuk melepas penat dari segala kesibukan yang ada. Dari semua transportasi, kereta api adalah salah satu transportasi yang paling efektif dan diminati karena kemudahannya serta harganya yang terjangkau. Tapi, sebelum bepergian dengan kereta api, kamu harus tahu dulu beberapa tips yang harus diterapkan, terutama untuk yang belum biasa naik kereta. Apa saja tipsnya?

1. Rencanakan perjalanan dari jauh-jauh hari.

Tiket kereta api bisa dibeli kurang lebih dua-tiga bulan sebelum keberangkatan. Bila kamu berencana traveling kemanapun, belilah tiket secepatnya atau maksimal seminggu sebelum keberangkatan. Dengan ini, kamu dapat memesan kursi yang paling strategis dan bisa mengurus hal lain yang harus dipersiapkan saat bepergian.

2. Hindari memesan tiket di peak season.

Untuk menunjang kenyamanan, ada baiknya kita menghindari memesan tiket saat musim liburan atau saat peak season jika memungkinkan. Biasanya pada waktu ini, harga tiket akan jauh lebih mahal dan sulit didapat karena kepadatan penumpang kereta.

3. Siapkan identitas lengkapmu.

Untuk bepergian dengan kereta, kesamaan identitas dengan tiket yang kamu pesan adalah hal yang penting. Pastikan kamu membawa identitas lengkapmu di dompet atau di tempat manapun yang bisa kamu raih dengan cepat.

4. Pakailah pakaian yang nyaman dan sesuai untuk dipakai dalam kereta.

Bepergian dengan kereta di waktu yang tepat memang sangat nyaman, namun ada baiknya bila didukung juga dengan baju yang nyaman dipakai juga. Tidak perlu terlalu rapi, cukup nyaman dan sesuai untuk dibawa bepergian ke kereta.

5. Siapkan makanan, camilan, tontonan, atau apapun untuk mengisi waktu di kereta.

Perjalanan di kereta akan memakan waktu yang cukup lama dan tentu saja hal ini akan memancing rasa bosan. Sebelum kamu bepergian dan tidak tahu apa yang harus kamu lakukan di kereta, bawalah barang-barang atau makanan yang bisa menghilangkan rasa bosanmu.

6. Jangan lupa untuk mengecek kembali barang bawaanmu secara teliti.

Saat naik kereta, kamu harus bertanggung jawab dengan barangmu sendiri. Untuk menghindari kehilangan, coba cek kembali semua yang kamu bawa sebelum pergi dan kembali mengecek saat sudah mau turun. Ada baiknya bila kamu tidak membawa banyak hand carry untuk menghindari barang tertinggal.

7. Saat perjalanan, nikmatilah pemandangan dari jendela.

Hal yang menarik saat naik kereta adalah pemandangan yang tadinya di perkotaan menjadi pemandangan sawah atau pedesaan yang hijau. Saat naik kereta, jangan kamu lewatkan saat-saat menarik ini.
Traveling dengan kereeta api akan menjadi pengalaman yang menarik, apalagi ketika kamu pergi dengan teman-temanmu. Apakah kamu sudah siap untuk traveling dengan kereta api?

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh enjoynz. Diberdayakan oleh Blogger.