9 Kebiasaan Kecil dan Sepele yang Justru Bisa Meningkatkan Konsentrasimu

Saat kamu bekerja maupun belajar, kamu perlu fokus untuk mengerjakan pekerjaan dan tugas dengan baik. Pada kenyataannya, kamu sulit memperoleh konsentrasi yang baik dalam bekerja. Banyak hal yang masih mengganggu di otakmu. Bahkan kamu sering sibuk memikirkan hal lain di saat ada temanmu yang mengajak berdiskusi.
Untuk menghindari hal tersebut, ada beberapa hal sederhana yang bisa kamu lakukan agar konsentrasimu meningkat.

1. Sarapan pagi.

Sarapan pagi penting untuk menimbun energi. Dengan energi yang cukup, kamu bisa berpikir dan berkonsentrasi dalam bekerja maupun beraktivitas.

2. Sediakan air putih dimanapun kamu berada.

Minum air putih sangat membantu untuk membuat otak bekerja lebih baik, sehingga konsentrasi tidak mudah menurun.

3. Banyak berjalan kaki baik pagi dan sore.

Berjalan merupakan bentuk olahraga mudah dan paling murah tapi bermanfaat untuk tubuhmu. Dengan berjalan kamu akan merasa lebih bugar dan sirkulasi darahmu lancar. Hal itu akan bermanfaat menjaga tubuhmu agar stabil dan kamu akan dapat berkonsentrasi lebih mudah.

4. Memejamkan mata ketika capai.

Jika memang sudah penat, kamu diizinkan kok untuk memejamkan mata. Kamu bisa memejamkan mata sekitar 1-2 menit untuk me-refresh otak. Setelah itu kamu akan merasa lebih baik untuk fokus terhadap salah satu hal yang harus kamu kerjakan.

5. Menarik napas dalam-dalam berulang sampai 4-5 kali.

Dengan menarik napas, oksigen kembali masuk dan tubuh menjadi segar. Sistem sirkulasi oksigen yang stabil dapat meningkatkan kecerdasan otak kita.

6. Merebahkan punggung sebentar.

Seharian kamu hanya duduk bekerja dan lelah dengan banyaknya pikiran sampai kamu bingung. Kamu bisa membuat otakmu rileks untuk kembali lebih segar dengan merebahkan punggungmu sebentar selama 3-5 menit.

7. Menghitung sampai 100.

Saat kamu sulit berkonsentrasi, cobalah menghitung angka dalam otakmu dari 1-100 atau dengan hitungan terbalik dari 100 kembali ke 1. Aktivitas ini bisa melatih otakmu agar dapat berkonsentrasi dengan baik.

8. Menarik kedua tangan ke atas.

Kamu merasa lelah seharian bekerja di depan komputer ataupun hanya duduk-duduk saja. Hal itu membuatmu jenuh dan kehilangan konsentrasi. Kamu dapat melakukan peregangan untuk tanganmu dengan mengangkat kedua tanganmu ke atas dan tarik keduanya bersamaan.

9. Melihat pemandangan yang hijau.

Warna hijau dari tanaman dapat memberikan kesegaran bagi mata kita. Saat kita lelah bekerja di depan komputer seharian ataupun membaca buku, kita bisa menikmati pemandangan tanaman hijau yang dapat menyejukkan mata kita. Hal itu juga dapat mengembalikan fokus kita untuk menjadi lebih baik.
Selamat mencoba tips-tips di atas semoga bermanfaat!

Sumber : Klik disini

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh enjoynz. Diberdayakan oleh Blogger.