Handphone Membuat Kualitas Tidur Kita Menurun?

Di era serba digital seperti sekarang ini, siapa dari kita yang tidak bisa melepaskan diri dari handphone setiap harinya? Tidak jarang sebelum tidur kita juga masih berkutat dengan handphone entah untuk sekadar bermain games atau bersosial media. Tapi, tahukah kamu bahwa ternyata membuka handphone sebelum tidur akan mempengaruhi kualitas tidur kita. Apa hubungannya antara handphone dan tidur kita? Yuk, kita cari tahu!
o-phone-bed-sidetekin-w600-h1000-6a7d97b8015ded4b011b626b1ab4c3d2.jpgSumber Gambar: sidetek.in
Prof. Paul Gringas dari Evelina Children’s Hospital dari London menyatakan bahwa handphone atau smartphone yang diproduksi seharusnya memiliki mode "bed time" yang berguna untuk tidak membangunkan pengguna saat mereka akan tidur maupun sedang tidur. Tentu kita cukup setuju dengan hal ini mengingat tidak dapat dipungkiri saat kita mulai terlelap kemudian handphone bergetar, kita akan segera membukanya. Padahal menjelang malam hari tubuh akan memproduksi hormon melatonin yang membantu kita untuk tidur. Alhasil tidur pun akan terganggu dan kualitas tidur akan berkurang karena aktivitas bermain handphone.
Selain itu, beberapa ilmuwan dari Universitas Oxford, Cambidge, Harvard, dan Manchester menyatakan bahwa saat ini banyak orang mengurangi jam tidurnya di mana salah satu alasannya yakni karena bermain handphone. Padahal hal ini akan berpengaruh bagi kesehatan bahkan menyebabkan kanker, serangan jantung, hingga diabetes tipe 2.
bodyclock-promo-bbccom-w600-h1000-6a502dbdcca05922457bf3609c22a895.jpgSumber Gambar: bbc.com
Hal ini dibuktikan dengan jam tidur rata-rata manusia yang berkurang satu hingga dua jam dibanding 60 tahun lalu. Cahaya dari handphone dipercaya merupakan salah satu alasan mengapa kita menjadi agak sulit untuk tidur di malam hari dan sulit bangun di pagi hari. Salah satu peneliti dari Universitas Oxford juga menyatakan bahwa sebenarnya tidak boleh melewati jam tidur karena itu artinya kita melawan jam tubuh kita yang justru akan berakibat buruk bagi kesehatan jangka panjang.
mengatasi-susah-tidur-arrahmahcom-w600-h1000-538396a0a1bc983d53b36097a85185dd.jpgSumber Gambar: arrahmah.com
Jadi, buat kamu yang masih suka bermain handphone sebelum tidur, segera hindari. Tentu kebiasaan baik akan membawa dampak baik bagi diri kita sendiri pastinya. Bermain handphone tentu memiliki waktunya sendiri tersendiri dan jangan malah mengganggu aktivitas kita di dunia nyata. Bertemu dan mengobrol langsung dengan orang banyak juga pasti akan jauh lebih menyenangkan, bukan? 

Sumber : Klik disini

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh enjoynz. Diberdayakan oleh Blogger.