Ini Penyebab Kamu Terbangun dalam Keadaan Kaget!

Baru saja tertidur tapi kemudian kamu merasa seakan-akan tubuhmu jatuh hingga kaget dan tersentak bangun dari lelap? Sebagian dari kita pasti pernah mengalami hal seperti ini. Ada yang tak begitu peduli, tapi ada pula yang merasa benar-benar terganggu dengan kejadian ini.

Ternyata, ini adalah hal yang normal terjadi dan disebut dengan hypnic jerk.

Proses hypnic jerk ini terjadi karena adanya transisi dari otak yang memengaruhi dua sistem tubuh. Transisi tersebut adalah dari fase bangun menjadi tidur. Terjadinya hypnic jerk disebabkan oleh usaha terakhir dari sistem motorik siang hari atas kontrol tubuh saat akan memasuki alam mimpi sehingga membuat tubuh tersentak ketika ingin tidur.

Relaksasi otot dan otak menjadi penyebab dari hypnic jerk.

Setidaknya ada dua hal yang disebut-sebut dapat menyebabkan hypnic jerk, yaitu relaksasi otot dan relaksasi otak. Ketika tidur, napas dan detak jantung akan melambat. Relaksasi otot inilah yang menyebabkan terjadinya hypnic jerk.
Selain itu, ketika tertidur otak kadang jadi bingung dan berpikir bahwa kamu terjatuh. Otak akan mengirimkan sinyal ke lengan dan kaki agar pindah ke posisi tegak, sehingga menimbulkan sensasi tersentak.

Berbagai hal memicu gangguan tidur ini.

Hypnic jerk bisa muncul karena beberapa faktor pemicu, yaitu asupan kafein dan alkohol, pekerjaan fisik yang intens sebelum tidur, tidur di tempat yang kurang nyaman, kelelahan, serta stres secara emosional.
Selain faktor tersebut, gangguan tidur, kondisi medis, penggunaan obat dan gangguan mental juga dapat menyebabkan terjadinya hypnic jerk.

Kamu dapat meminimalisir kemungkinan terjadinya hypnic jerk.

Ada berbagai cara yang setidaknya dapat menimimalisir terjadinya hypnic jerk. Kamu bisa menghindari konsumsi kafein dan alkohol beberapa saat sebelum tidur. Selain itu, kelelahan dan stress yang dapat menyebabkan terjadinya hypnic jerk harus kamu hindari.
Jadi, udah gak bingung lagi kan kenapa kaget hingga terbangun di malam hari?

Sumber : Klik disini

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh enjoynz. Diberdayakan oleh Blogger.