Meskipun berupa penjara, penjara Halden yang berada di Norwegia ini menawarkanmu kenyamanan yang setara dengan hotel berbintang. Penjara yang memiliki pengamanan ketat ini terletak di Halden, Østfold, Norway.
Tidak main-main, penjara Halden menampung narapidana dari banyak kasus kejahatan, seperti pembunuhan, pemerkosaan, kekerasan pada anak di bawah umur, serta kejahatan seks dan obat-obatan terlarang.

Fasilitas mewah penjara Halden membuat narapidana merasa nyaman.

Tak seperti penjara pada umumnya, setiap sel penjara di Halden ini berukuran 10 meter persegi, dan dilengkapi dengan TV flat-screen, meja, kulkas mini, kamar mandi dengan pancuran, dan jendela yang memungkinkan para tahanan untuk mendapatkan cahaya yang lebih.
Setiap 10-12 sel penjara ini pun memiliki sebuah ruang tamu dan dapur. Tak tanggung-tanggung, dapur penjara Halden dilengkapi dengan meja makan, piring porselen, dan alat makan stainless, sedangkan ruang tamunya dilengkapi dengan sofa dan video game.
Para narapidana pun dapat membeli bahan makanan yang mereka inginkan untuk kemudian dimasak di dapur yang telah disediakan oleh pihak penjara.
Selain itu, adapula perpustakaan yang dilengkapi dengan buku, majalah, CD dan DVD; gym dengan rock-climbing wall; serta Gereja. Dengan segala fasilitas yang telah diberikan ini, para narapidana masih diberikan kuesioner yang berisikan tentang pertanyaan mengenai bagaimana penjara Halden ini bisa dikembangkan. Tampaknya pihak penjara benar-benar memperhatikan kenyamanan narapidana yang ada di dalam penjara ini.

Desain penjara ini lebih digunakan untuk rehabilitasi.

Narapidana diperbolehkan untuk menerima kedatangan keluarga, pasangan, dan kerabatan secara privat dua kali seminggu masing-masing dalam durasi 2 jam. Ruang privat kunjungan ini berisikan sofa, wastafel, almari dengan  seprai, handuk, dan kondom untuk kunjungan satu orang. Sedangkan untuk keluarga, ada ruangan yang lebih besar lagi dengan mainan anak dan ruangan untuk mengganti popok.
Bukan tanpa alasan, namun perlakuan-perlakuan yang diberikan kepada narapidana di penjara Halden ini lebih ditujukan agar para narapidana siap menghadapi kehidupannya setelah keluar dari penjara.

Penjara Halden pun meraih penghargaan karena keunikannya.

Karena konsep yang dibuat sangat menjunjung kemanusiaan, penjara Halden menerima penghargaan Arnstein Arneberg Award pada tahun 2010. 
Jadi gimana? Jangan sampai karena tergoda untuk tinggal di penjara ini kamu melakukan tindak kriminal, ya!

Sumber : Klik disini

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh enjoynz. Diberdayakan oleh Blogger.