Ternyata Kamu Akan Lebih Produktif Jika Bekerja Mulai Pukul 10 Pagi!

Untuk kebanyakan dari kita, bangun pagi merupakan hal yang susah. Benar bukan? Ngaku aja deh! Namun, tetap saja ada usaha dari kita untuk melakukannya demi menyesuaikan diri baik dengan jam kerja ataupun jam masuk sekolah yang begitu pagi.
Hal ini tampaknya tak begitu adil bagi sebagian kita yang merupakan 'burung hantu'. Kita sebagai 'burung hantu' akan lebih produktif pada malam hari, di mana kebanyakan orang lainnya telah terlelap. Tak jarang, kebiasaan kita ini pun dianggap sebagai hal yang aneh atau tidak normal. Padahal, normal adalah hal yang relatif.

Bekerja terlalu pagi akan membuat kita mengalami kurang tidur.

Ketika para 'burung hantu' menghabiskan malamnya untuk melakukan hal produktif dan tidak tidur, maka mereka akan mengalami kekurangan tidur apabila dipaksa untuk mengikuti jam kerja atau jam sekolah yang ada. Akibatnya, jam kerja tidak cocok dengan ritme Circadian (ritme tubuh yang mengatur waktu untuk tidur dan terbangun) dalam tubuh kita.

Hal ini akan menimbulkan efek buruk pada kesehataan kita.

Usia 14-24 tahun adalah kelompok yang paling sering menjadi korban dari hal ini baik secara fisik, emosi, maupun performa tubuh. Kekurangan tidur dapat membuat kita kelelahan, frustasi, cemas, kenaikan berat badan, tekanan darah tinggi dan memori yang buruk. Hari yang kita lalui pun akan tidak produktif karena kondisi kurang tidur ini.

Bekerja pada pukul 10 akan membuatmu lebih produktif.

Menurut penelitian, seperti dilansir dari Telegraph, mulai bekerja pada pukul 10 akan lebih membuat kita produktif. Para 'burung hantu' akan dapat beristirahat lebih lama, serta mendapatkan tidur yang cukup. Energi pun dapat terkumpul secara sempurna sebelum akhirnya dapat bekerja dengan produktif.

Lalu apa artinya?

Efek dari kekurangan tidur adalah hal yang nyata. Jam kerja dan sekolah yang terlalu pagi dapat mengganggu jam tubuh normal kita. Menurut Inc, hal ini dikarenakan tidak semua orang memiliki jam biologis yang sama.
Bangun lebih siang adalah hal yang natural karena ini merupakan bagian dari jam biologis setiap orang. Buat sebagian dari kita yang merupakan 'burung hantu', jangan merasa bersalah ya dengan jam biologismu yang berbeda dengan orang lain. Kamu normal kok!

Sumber : Klik disini

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh enjoynz. Diberdayakan oleh Blogger.