7 Cara Mengobat Sakit Gigi Dengan Mudah

Bagaimana cara mengobati sakit gigi dengan efektif? Kali ini Informasi Kesehatan dan Kecantikan Terkini akan berbagi solusi jika anda mempunyai sakit gigi yang tidak kunjung sembuh. Tentu kami akan memberikan informasi pengobatan dengan bahan - bahan alami yang minim efek samping.

Rasa nyeri pada gigi sering disebabkan oleh berbagai masalah di gigi dan rahang, misalnya karies, ginvitis, atau penyakit rahang. Jangan anggap sepele, sebab gejala penyakit jantung, seperti angina dapat diketahui melalui sakit gigi. Begitu juga dengan penyakit lain misalnya gangguan telinga dan sinus (bagian tulang pipi). Oleh karena itu, simak ulasan kami mengenai penyebab dan cara mengatasi sakit gigi:

cara mengobati sakit gigi

Penyebab Sakit Gigi

Gigi Berlubang
Tentu penyebab sakit gigi yang paling umum adalah karies atau yang lebih sering disebut sebagai gigi berlubang. Karies merupakan lubang yang terletak di antara enamel dan dentin. Gigi berlubang terjadi ketika bakteri pada mulut mengubah gula sederhana menjadi asam yang dapat melarutkan enamel dan dentin. Untuk mengentahui cara menghilangkan sakit gigi berlubang simak terus ulasan di bawah.

Akar Gigi Sensitif

Selain gigi berlubang, gigi sensitif juga sering menyebabkan rasa nyeri pada gusi. Ini terjadi ketika racun bakteri melarutkan tulang pada daerah akar dan menyebabkan gusi surut dan membuat akar gigi terbuka.

Penyakit Gusi
Penyakit periodontal (penyakit gusi) adalah peradangan pada gusi dan hialngnya tulang yang mengelilingi gigi. Penyakit tersebut disebabkan oleh bakteri yang mengeluarkan racun pada plak yang tertumpuk. Tentu plak yang merupakan sisa makan, air liur dan bakteri akan sangat berbahaya jika tidak diatasi segera. Untuk mengetahui tentang plak gigi, baca cara menghilangkan plak pada gigi dengan mudah

Beberapa penyebab lain di antaranya adalah
  1. Ketidakseimbangan hormon
  2. Sindrom Gigi Retak (Cracked Tooth Syndrome)
  3. Gangguan Temporomandibular Joint (TMJ)
  4. Impaksi & Erosi Gigi

Nah, jika anda bertanya apa obat sakit gigi yang alami, maka berikut kami akan mengupas cara mengobati sakit gigi dengan bahan alami.

Cara Mengobati Sakit Gigi Secara Alami

Belimbing Wuluh
Ternyata buah belimbing yang satu ini dapat digunakan sebagai obat untuk sakit gigi. Dengan memakan belimbing wuluh yang telah dicuci dan ditaburkan sedikit garam rasa nyeri pada gigi perlahan akan hilang. Nah. anda dapat membaca lebih jauh tentang manfaat belimbing wuluh di sini.

Cabai Hijau
Caranya cukup mudah, potong sedikit ujung cabai hijau lalu bakar sampai panas. Potongan cabai hijau tersebut lalu ditempelkan pada bagian gigi yang sakit secara teratur dua kali sehari.

Rebusan Cengkeh dan Siruh
Dengan merebus daun sirih dan cengkeh secara bersamaan sampai warna air terlihat berubah. Kemudian gunakan air rebusan tersebut untuk berkumur setiap hari. Cengkeh dan daun sirih merupakan salah satu pengganti obat kumur yang sering dijual di toko.

Jeruk Nipis
Jangan anggap sepele buah yang sering kali digunakan sebagai bumbu tambahan untuk memasak ini. Ternyata perasan jeruk nipis yang dioleskan pada bagian gigi yang sakit dapat menghilangkan rasa nyeri pada gigi secara perlahan. Dengan kandungan vitamin C yang tinggi, disampibang cara mengobati sakit gigi, banyak manfaat jeruk nipis yang perlu anda ketahui.

Bawang Putih
Taburkan sedikit garam pada potongan halus 1 siung bawang putih. Kunyah potongan tersebut tepat pada daerah gigi yang nyeri. Tak lama kemudian rasa sakit gigi anda akan hilang. Bawang putih juga dapat digunakan untuk membantu menguatkan struktur tulang, disamping sebagai cara mengobati sakit gigi alami.

Tepung Lada
Sedikit tepung lada yang dicampur dengan 1/4 sendok teh garam dapat digunakan untuk membantu menjaga kebersihan gigi. Dengan gigi yang bersih, maka dapat mencegah gigi berlubang dan bau mulut tak sedap. Bila digunakan untuk cara mengobati sakit gigi, tempatkan campuran minyak cengkeh dan tepung lada pada area gigi yang sakit.

Es Batu
Cara mengatasi sakit gigi paling mudah yang terakhir ialah menggunakan potongan es batu untuk meredakan nyeri pada gigi. Taruhlah sepotong kecil es batu pada gigi, kemudian pijat perlahan. Memang cara ini terlihat sangat murah, tapi dijamin lebih aman daripada obat sakit gigi yang mengandung bahan kimia.

Seperti itulah informasi mengenai cara mengobati sakit gigi. Jika dirasa bermanfaat, share artikel ini ke kerabat dan keluarga anda dengan klik tombol sosial media facebook, twitter di bawah ini. Jangan lupa tinggalkan komentar :)
Sumber : Klik disini

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh enjoynz. Diberdayakan oleh Blogger.