Tips Merawat GIGI Anak

Akibat perawatan yang tidak tepat gigi menjadi rusak. Jika lama tidak dibersihkan gigi akan tertutupi lapisan yang biasa disebut plak. Kondisi ini bisa diperparah jika si kecil sering mengonsumsi makanan yang mengandung gula dan tepung. Sebab, bakteri yang terdapat pada plak akan bereaksi dengan gula/tepung, kemudian menghasilkan asam yang dapat merusak email atau lapisan pelindung gigi. Serangan asam yang berlangsung terus-menerus membuat gigi rusak, berlubang.
tips merawat gigi anak
Agar gigi tetap sehat, maka gigi harus dirawat, baik kebersihannya juga asupan makanannya. Karena  tak mudah melarang anak menjauhi gula atau permen. Yang bijaksana adalah mengendalikan kebiasaannya mengonsumsi jenis makanan ini dan sesegera mungkin bersihkan gigi dari sisa-sisa makanan itu sehabis memakannya.
Untuk bayi, bersihkan gigi dengan kain kasa yang telah dibasahi air hangat. Bagi yang sudah anak yang sudah agak besar, biasakan berkumur dan minum air putih usai makan. Ajarkan anak menyikat gigi. Awali dengan sikat tanpa pasta, baru sedikit demi sedikit beri pasta gigi dengan berbagai rasa yang disukai anak. Lakukan kegiatan ini minimal 2 kali sehari, sesudah makan dan menjelang tidur malam.
Bagi anak yang masih “nyempot” atau minum susu dengan botol, sebisa mungkin jika menjelang tidur botol tidak di isi susu atau minuman lain selaian air putih. Karena rasa manis yang ada dalam minuman akan ikut mengendap di lapisan gigi yang akhirnya justru akan berdampak pada kesehatan gigi anak.
Selain perawatan diatas, ada baiknya jika waktu tertentu membawa anak ke dokter gigi untuk melakukan pemeriksaan rutin. Apabila ada masalah kesehatan gigi anak, maka bisa dilakukan pencegahan sejak dini. 
Itulah beberapa tips merawat gigi anak, lakukan perawatan gigi sejak dini agar tidak terjadi masalah pada kesehatan gigi anak. Terima kasih dan semoga bermanfaat.
Sumber : Klik disini

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh enjoynz. Diberdayakan oleh Blogger.