Bagaimana Cara Mengetahui Orang Yang Berbohong?

Sepertinya hampir semua orang pasti pernah berbohong, walaupun itu hanya sebuah kebohongan kecil atau berbohong demi kebaikan sekalipun. Kebohongan putih atau kebohongan baik yang sifatnya tidak merugikan siapa-siapa memang tidak menjadi masalah.

Tapi kebohongan yang untuk menutupi kesalahan ataupun merugikan banyak pihak tentunya adalah sebuah kejahatan. Dan di dunia ini memang ada sekelompok orang yang sangat pandai untuk berbohong. Namun sebaliknya, ada juga sekelompok orang yang sangat pandai untuk mengetahui sebuah kebohongan. Nah, bagaimana cara mengetahui orang berbohong?

cara mengetahui orang yang berbohong

Secara umum orang yang berbohong pasti menunjukkan tanda tertentu yang mengidikasikan jika dia telah berbohong. Jadi, cara melihat orang berbohong adalah dengan mengenal beberapa tanda klasik / tanda umum yang ditunjukkan oleh seorang pembohong.

Apa saja ciri-ciri orang yang berbohong?

Tidak Berani Kontak Mata
Seseorang yang berbohong biasanya sulit / tidak berani menatap mata anda secara langsung. Jadi jika ada orang yang berbicara dengan anda, dan dia tidak dapat menahan pandangannya dari tatapan anda setidaknya beberapa detik, maka bisa jadi orang tersebut telah berbohong dan bermaksud menipu anda.

Seseorang yang berkata jujur pasti tidak akan merasa kikuk dan sulit untuk beradu pandang dengan anda ketika berbicara.

Terlalu Banyak Detail
Menurut The Wisdom Journal, seseorang yang bercerita terlalu detail bisa jadi sebuah tanda bahwa dia sedang berusaha untuk menutupi sebuah kebohongan. Orang yang seperti ini biasanya telah menyiapkan diri sebelumnya dan berharap anda dapat mempercayai apa yang dia katakan.

Sebaiknya biarkan saja, dan tanyakan lagi secara detail tentang apa yang telah dia katakan beberapa hari kemudian. Jika benar dia berbohong, maka dia tidak dapat mengulang ceritanya secara jelas.

Terlihat Gelisah
Sering menyentuh bagian telinga atau bagian wajah lainnya dapat menjadi tanda bahwa seseorang tersebut gelisah dan telah berbohong. Tanda-tanda kegugupan karena telah berbohong seperti ini biasanya ditunjukkan oleh anak-anak dan orang-orang yang memang tidak terbiasa untuk berbohong.

Terdapat Waktu Jeda
Terkadang seseorang yang berbohong itu sudah merencanakan sebelumnya untuk kebohongan yang akan dia katakan. Orang yang seperti ini biasanya akan kesulitan untuk menjawab pertanyaan secara langsung, walaupun pertanyaan-pertanyaan tersebut sangat sederhana.

Jika terdapat waktu jeda sebentar antara pertanyaan dan jawaban yang diberikan, maka ini bisa mengindikasikan bahwa dia telah berbohong. Ini menunjukkan bahwa dia telah berpikir sebentar untuk merumuskan jawaban sebelum mengatakannya.
Sumber : Klik disini

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh enjoynz. Diberdayakan oleh Blogger.