Cara Menghilangkan Plak Pada Gigi

Pada artikel berikut akan kami kupas cara menghilangkan plak gigi dengan solusi ampuh. Mulut merupakan jalan masuk ke dalam tubuh, entah makanan ataupun bakteri. Tanpa disadari mulut dapat menyebabkan penyakit karena mulut penuh dengan bakteri. Jika tidak memperhatikan kebersihan serta kesehatan mulut, maka hal ini akan berdampak buruk
cara menghilangkan plak pada gigi
Bakteri pada mulut dapat berkembang biak dan berkumpul menjadi satu koloni, inilah yang menyebabkan pembentukan plak pada permukaan gigi. Karbohidrat yang bercampur dengan plak akan membentuk asam dan menyebabkan gigi menjadi berkarang. Jika sudah memasuki tahap karang gigi, sebaiknya baca juga cara membersihkan karang gigi

Selain itu, apakah anda pernah berpikir tentang hubungan jantung dengan gigi? Mungkin anda berpendapat bahwa kedua hal tersebut tidak berhubungan, namun ternyata gigi berlubang dapat pula menyebabkan penyakit jantung. Mengapa? Apabila gigi berlubang tidak dirawat, maka bakteri dapat memasuki pembuluh darah lewat gigi tersebut, infeksi pun dapat terjadi pada organ tubuh yang lain.

Nah, berarti dampak penyakit gigi begitu luas kan? Padahal cara mencegahnya sangat mudah. Memang cara merawat gigi sering dianggap remeh. Oleh karena itu berikut kami sajikan cara menghilangkan plak pada gigi agar terhindar dari penyakit:

Cara Menghilangkan Plak Pada Gigi

Sikat gigi teratur
Tentu, cara pertama yang paling mendasar ialah dengan menyikat gigi minimal dua kali sehari, lebih baik setelah sarapan dan sebelum tidur. Apabila memungkinkan, anda dapat menyikat gigi setiap kali selesai makan agar gigi lebih sehat. Cara menggosok gigi tidak sembarangan dan perlu diperhatikan, yakni dengan mengusahakan menjangkau semua permukaan gigi. Jika tidak melakukan hal ini secara rutin, jelas dampak yang terjadi adalah gigi anda menjadi kuning, berplak, dan berlubang.

Berkumur dengan obat anti bakteri

Cairan pencuci mulut memiliki kandungan alkohol yang dapat mensterilkan asam dan bakteri pada mulut. selain memakai obat kumur, anda dapat pula menggunakan air rebusan daun sirih sebagai obat alami.

Mengurangi makanan minuman yang mengandung gula
Salah satu penyebab mudahnya muncul plak pada gigi ialah sisa makanan yang mengandung banyak gula. Maka kurangilah konsumsi makanan dengan kadar gula tinggi. Kopi, teh, jus, serta minuman lain yang memiliki gula tambahan juga menyebabkan asam pada gigi.

Perbanyak konsumsi makanan bergizi
Berbeda dengan makanan dengan kadar gula tinggi, hendaknya anda memperbanyak makanan yang dapat memberikan nutrisi tambahan pada kesehatan gigi. Misalnya sayuran dan buah mengandung vitamin dan mineral.

Menghindari merokok
Apabila anda termasuk tipe orang yang hobi merokok, maka sejak sekarang hentikanlah kebiasaan tersebut. Tembakau yang terkandung pada rokok dapat menyebabkan ganggunan mulut dan kerusakan pada gigi. Anda juga perlu melakukan pemeriksaan rutin ke dokter gigi setidaknya 6 bulan sekali.
Nah, itulah seputar cara menghilangkan plak pada gigi. Jangan lupa share ke sosial media seperti facebook twitter dan google plus apabila anda rasa artikel ini dapat bermanfaat bagi banyak orang. Dengan dukungan anda lah kami dapat menjadi situs yang terkemuka dan menyajikan informasi setiap saat. Terima kasih.
Sumber : Klik disini

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh enjoynz. Diberdayakan oleh Blogger.