Cara Mengatasi Layar Sentuh Tidak Berfungsi

Dewasa ini sudah banyak sekali perangkat gadget yang dibekali dengan layar sentuh sebagai media display serta alat navigasinya. Layar sentuh menjadi sangat populer baru-baru ini karena cukup praktis dan mudah digunakan.
Penggunaan layar sentuh terbukti menghemat ruang sehingga bentuk device menjadi lebih ringkas dan portable. Produsen tak perlu repot-repot menambahkan alat navigasi lain seperti keypad atau keyboard disamping layar. Namun dibalik itu semua, permasalahan kerap terjadi pada layar sentuh.
Salah satu masalah yang kerap dialami oleh perangkat mobile seperti smartphone maupun tablet PC adalah tidak berfungsinya layar sentuh. Error atau matinya layar sentuh bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki layar sentuh yang tidak berfungsi.

Langkah 1: Matikan Perangkat
Langkap pertama yang bisa anda lakukan untuk mengatasi layar sentuh yang tidak berfungsi adalah mematikan perangkat selama beberapa detik. Hal tersebut dapat membantu mengembalikan fungsi software yang mengalami crash sehingga bisa bekerja kembali sebagaimana semestinya.
Jika cara ini belum berhasil, maka coba lepas baterai perangkat dan diamkan selama beberapa saat. Setelah itu pasang kembali baterai dan hidupkan kembali perangkat.
Langkah 2: Lepaskan Kartu SIM
Ternyata masalah pada kartu SIM atau memori eksternal
juga bisa menyebabkan masalah pada layar sentuh. Oleh sebab itu jika layar sentuh perangkat anda tidak berfungsi, maka matikan perangkat dan lepas semua kartu SIM dan memori eksternal. Setelah dilepas, nyalakan kembali perangkat.
Langkah 3: Kalibrasi Layar
Masalah tidak berfungsinya layar sentuh juga bisa disebabkan karena masalah pengaturan layar sentuh itu sendiri. Oleh karena itu lakukan kalibrasi layar secara manual melalui menu yang telah disediakan. Jika anda tidak tahu caranya, bisa cari petunjuk melalui manual book atau sumber lain.
Langkah 4: Upgrade OS
Upgrade sistem operasi juga bisa dilakukan untuk memperbaiki masalah layar sentuh yang tidak berfungsi. Upgrade perangkat lunak terbukti bisa mengatasi bugs atau masalah-masalah yang terjadi dalam perangkat, tak terkecuali masalah pada layar sentuh.
Langkah 5: Bersihkan Layar
Cara lain untuk mengatasi masalah layar sentuh yang tidak berfungsi adalah dengan membersihkannya menggunakan isopropil alkohol serta small brush. Jangan lupa untuk mematikan perangkat sebelum anda membersihkannya.
Langkah 6: Hard Reset
Melakukan hard reset adalah cara yang bisa ditempuh setelah semua cara sebelumnya tidak berhasil menyelesaikan masalah layar sentuh yang tidak berfungsi. Hard reset ini dapat mengembalikan semua pengaturan perangkat seperti baru, dan secara otomatis semua data yang tersimpan di memori internal akan hilang.
Oleh karena itu disarankan sebelum melakukan hard reset untuk membackup semua data-data penting yang dimiliki. Hard reset bisa dilakukan langsung melalui perangkat atau dengan menggunakan bantuan komputer PC.
Langkah 7: Bawa ke Service Center
Jalan terakhir jika masalah layar sentuh yang tidak berfungsi tetap saja belum teratasi adalah membawanya ke pihak pembuat layar atau service center.

 Sumber : Klik disini

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh enjoynz. Diberdayakan oleh Blogger.