8 Tips Cara Berhenti Merokok Agar Sukses

Rokok memang salah satu barang yang membuat kecanduan. Sekali mencoba untuk merokok pasti Anda akan terus merokok. Ada rasa yang kurang jika seorang perokok tidak merokok dalam satu hari. Menghentikan kebiasaan buruk merokok ini sebenarnya cukup sulit alias tidak mudah, tapi bukan berarti aktivitas yang tidak baik ini tidak bisa dihentikan. Ada beberapa cara berhenti merokok yang bisa Anda coba agar berhasil.

Berhenti merokok harusnya menjadi cita-cita setiap perokok. Mengingat bahaya rokok bagi kesehatan yang tidak bisa di anggap sebelah mata. Seperti yang kita bahas pada pembahasan sebelumnya bahwa rokok meruapakan salah satu penyebab terbesar kematian di dunia. Belum lagi ancaman tersebut bukan hanya pada perokoknya saja akan tetapi berlaku juga bagi orang-orang disekitarnya. Maka sudah sepatutnya fakta tersebut menjadi motivasi seseorang untuk segera berhenti merokok.
Maka dari itu pembahasan kali ini akan berfokus pada beberapa tips bagaimana cara untuk menghentikan aktifitas merokok. Tips-tips yang akan diberikan mungkin akan sedikit ekstrem tapi cukup ampuh untuk menghentikan aktivitas merokok Anda.

Beberapa Tips Cara Berhenti Merokok

Tips berhenti merokok ini tidak hanya ditujukan untuk para perokok saja tapi untuk Anda yang ingin orang terdekat Anda berhenti merokok cobalah berikan cara berhenti merokok berikut ini.
  1. Bulatkan Niat dan Tekad
Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah bulatkan niat maupun tekad anda. Niat untuk berhenti merokok harus datang dari diri sendiri. Untuk membulatkan niat Anda coba berfikir berapa uang yang sudah dihabiskan untuk membeli rokok Anda setiap harinya. Coba bayangkan kalau uang itu sekarang ini ada ditangan Anda, pasti Anda sekarang sudah menjadi sangat kaya raya. Putuskan segera untuk berhenti dari sekarang jangan menunggu sampai Anda sakit parah.
  1. Simpan Rokok Ditempat yang Sulit Untuk Ditemukan
Tips berhenti merokok yang kedua yaitu dengan menyimpan rokok ditempat yang sulit untuk ditemukan. Misalnya dengan menyimpan rokok dibungkus plastik hitam kemudian bungkus dengan kardus makanan lalu simpan ditempat yang tidak mudah untuk diambil, misalnya saja ditanam didalam tanah halaman rumah. Tentu saja Anda akan kesulitan dalam mengambilnya, hal ini akan bisa membantu Anda dalam berhenti merokok.
  1. Buat Perjanjian Dengan Orang Terdekat
Tips berhenti merokok yang ketiga buatlah perjanjian dengan orang terdekat Anda. Misalnya buat perjanjian tidak akan pernah merokok lagi, jika ketahuan merokok Anda harus membayar denda. Misalnya saja untuk sebatang rokok Anda harus membayar denda 20 ribu. Hal ini tentunya sedikit demi sedikit akan membantu Anda dalam berhenti merokok.
  1. Ganti dengan Permen
Cara selanjutnya termasuk cara yang sedikit mudah yaitu mengganti rokok dengan permen. Orang yang terbiasa merokok maka akan merasa pahit atau asam mulutnya jika tidak merokok. Untuk mengatasi hal itu, gantilah dengan memakan permen mint ataupun permen jahe. Secara perlahan tentunya Anda akan merasa terbiasa.
  1. Alihkan dengan Berbagai Kesibukan
Biasanya orang pecandu rokok akan merokok jika ada waktu senggang. Buatlah kesibukan yang banyak, atur jadwal Anda sepadat mungkin. Dengan cara ini Anda bisa melupakan rokok Anda beberapa saat.
  1. Perbanyak Air Putih
Tips selanjutnya agar berhenti merokok yang paling mudah yaitu dengan memperbanyak minum air putih. Dengan minum air putih, Anda bisa mengatasi rasa asam pada mulut dan bisa menyehatkan tubuh Anda. Ketika akan merokok minumlah satu gelas air putih dengan sendirinya hasrat merokok Anda akan hilang.
  1. Istirahat yang Cukup
Agar sukses berhenti merokok maka perbanyaklah istirahat. Ketika akan merokok pilihlah untuk segera tidur saja. Dengan begitu Anda akan berhenti merokok dengan sendirinya.
  1. Kunjungi Tempat Bebas Asap Rokok
Agar cepat berhenti merokok, sebaiknya Anda sering mengunjungi tempat bebas asap rokok, misalnya saja tempat-tempat yang berAC. Dengan begitu, Anda dengan sendirinya akan berhenti merokok.

Mungkin beberapa tips berhenti merokok diatas sedikit terdengar gila tapi sangat ampuh untuk menghentikan aktivitas merokok Anda. Selain cara berhenti merokok diatas, Anda juga perlu untuk membaca tulisan mengenai bahaya merokok. Banyak orang yang sudah mengetahuinya tapi tetap saja kebal dengan asap rokok. Caranya adalah cari tahu mengenai bahaya merokok kemudian cari gambar akibat merokok. Cetak dengan ukuran yang besar dan tempel di kamar ataupun tempat yang strategis. Selalu ingat gambar dari akibat merokok tersebut. Secara perlahan Anda pasti akan bisa berhenti merokok.

Sumber : Klik disini


Tidak ada komentar

Gambar tema oleh enjoynz. Diberdayakan oleh Blogger.