Berbagai Mitos Seputar Diet yang Perlu Anda Ketahui

Berbagai Mitos Seputar Diet yang Perlu Diketahui

Obesitas atau kegemukkan merupakan salah satu masalah kesehatan yang paling ditakuti oleh orang banyak, khususnya wanita. Menurut penelitian, jumlah penderita obesitas di Indonesia terus meningkat hingga mencapai 20 persen per tahun. Obesitas memiliki kaitan yang erat dengan pola makan seseorang. Banyak orang telah melakukan berbagai cara untuk mencegah obesitas, salah satunya dengan melakukan diet. Diet bisa dilakukan dengan mengatur pola makan, berolahraga, hingga mengonsumsi berbagai ramuan herbal.
Dari sekian banyak mitos seputar diet yang berkembang di masyarakat, ternyata hanya terdapat beberapa yang mengandung fakta, berikut ini mitos seputar diet yang perlu Anda ketahui agar tidak ada lagi kekeliruan.
  • Tidak Boleh Makan di Atas Jam 8 MalamUmunya seseorang yang sedang melakukan diet tidak diperbolehkan untuk makan melebihi jam 8 malam. Namun faktanya, mitos tersebut tidak sepenuhnya benar. Sebab yang jadi permasalahan adalah bukan mengenai jam berapa Anda makan, namun makanan apa dan seberapa besar porsi makanan yang Anda konsumsi. Kemudian bandingkan dengan banyaknya aktivitas yang dilakukan selama seharian penuh, sebab makan pada jam berapa pun, tubuh tetap akan menyimpan kelebihan kalori dalam bentuk lemak. Apabila Anda memiliki aktivitas yang padat dan menguras tenaga, maka makan pada jam berapa pun tidak akan menjadi masalah yang besar.
  • Minuman Juga Mengandung Kalori
Tidak hanya makanan, berbagai jenis minuman juga memiliki kandungan kalori di dalamnya. Mungkin tidak banyak orang yang mengetahui atau mungkin kurang menyadari bahwa ada beberapa jenis minuman yang kita minum setiap hari merupakan salah satu minuman yang mengandung kalori, bahkan beberapa diantaranya mengandung kalori yang cukup tinggi. Minuman berkalori diantaranya seperti minuman bersoda, susu full cream, minuman jenis smoothie dan masih banyak lagi. Minuman bersoda mengandung kalori sebanyak 150 kalori atau setara dengan satu buah apel dan satu lembar roti tawar. Selain itu dalam satu gelas susu full cream mengandung kalori sebanyak 260 kalori, sedangkan minuman jenis smoothie yang berbahan dasar buah-buahan juga mengandung kalori yang cukup tinggi yaitu berkisar antara 500 hingga 1000 kalori tiap porsinya. Oleh karena itu, agar diet sehat yang Anda lakukan memberikan hasil yang optimal maka biasakan untuk meminum air putih.
  • Air Es Tidak Menyebabkan Kegemukan
Mitos berikutnya yang berkembang di masyarakan adalah adanya anggapan bahwa apabila seseorang mengonsumsi air es, maka lemak yang ada di dalam tubuh akan menjadi lemak beku. Namun faktanya tubuh manusia akan selalu menghasilkan panas cukup tinggi di dalam organ pencernaan apabila dibandingkan dengan di dalam rongga mulut. Sehingga minum air es atau pun tidak, lemak akan tetap masuk ke dalam tubuh.

Sumber : Klik disini

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh enjoynz. Diberdayakan oleh Blogger.